Kumpulan Cara, Tips dan Trik Mengatasi Jerawat Secara Alami dan Cepat

Rabu, 01 Juli 2015

Mengenal Jerawat dan Faktor Penyebabnya

Mengenal Jerawat dan Faktor Penyebabnya - Mari kita mengenal jerawat dan apa saja penyebabnya. Sebagaimana diketahui bahwa jerawat adalah masalah kulit yang paling sering terjadi. Hampir semua orang pernah merasakan masalah kulit yang satu ini dan mungkin termasuk juga dengan Anda, bukan? Dari remaja hingga dewasa, dari wanita maupun pria pernah merasakannya. Maka tidaklah salah jika ada yang mengatakan bahwa hampir tidak ada satupun orang didunia ini yang tak pernah melewati hidupnya dengan jerawat. Paling tidak sekali dalam hidupnya.



Mengenal Jerawat dan Faktor Penyebabnya

Lalu, Apa itu Jerawat?

Jerawat adalah suatu kondisi peradangan abnormal pada kulit yang terjadi menahun (kronik) akibat penyumbatan kelenjar minyak dan produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Biasanya orang yang sedang berjerawat akan merasa kurang percaya diri bila harus bertatapan dengan orang lain. Terutama jika jerawatnya dalam jumlah banyak.

Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat

Beberapa yang diyakini sebagai faktor penyebab jerawat adalah  sebagai berikut.

1. Sebum
Sebum adalah minyak yang dikeluarkan oleh kelenjar minyak di kulit. Ini merupakan faktor utama penyebab timbulnya jerawat. Semakin banyak produksi minyak dikulit maka akan semakin rentan timbulnya jerawat.

2. Genetik
Faktor keturunan juga berpengaruh terhadap timbulnya jerawat. Jika orang tua Anda dulunya pernah berjerawat maka kemungkinan Anda juga akan lebih rentan dengan jerawat.

3. Usia
Biasanya usia remaja sangat rentan terhadap jerawat. Umumnya insiden terjadi pada sekitar umur 14 – 17 tahun pada wanita, 16 – 19 tahun.

4. Kebersihan wajah.
Apakah Anda rajin membersihkan wajah? Jika Anda rajin, maka Anda telah menurunkan risiko terkena jerawat karena faktor kebersihan wajah juga berpengaruh pada timbulnya jerawat.

5. Psikis
Pada beberapa penderita, stres dan gangguan emosi dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi, sebisa mungkin untuk menghindarinya.

7. Pengaruh Hormon
Adanya perubahan hormon dalam tubuh akan menyebabkan jerawat seperti pada wanita hamil dan pada saat minum pil KB karena pada saat itu terjadi perubahan hormon.

8. Diet
Pada penderita yang makan banyak karbohidrat dan zat lemak, tidak dapat dipastikan akan terjadi perubahan pada pengeluaran sebum atau komposisinya karena kelenjar lemak bukan alat pengeluaran lemak yang kita makan.

9. Iklim
Didaerah yang mempunyai empat musim, biasanya jerawat bertambah hebat pada musim dingin, sebaliknya kebanyakan membaik pada musim panas.

10.Bakteria
Mikroba yang terlibat pada terbentuknya akne adalah corynebacterium acnes Stafilococcus epidermidis, dan pityrosporum ovale.

11. Kosmetika
Beberapa kosmetika tertentu bisa menyebabkan jerawat. Anda harus berhati dalam pemilihan produk kosmetika yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Sebenarnya ada banyak penyebab timbulnya jerawat, namun disini baru beberapa ini yang disebutkan. Silahkan cari literatur di blog-blog lainnya.

Demikian artikel yang berjudul Mengenal Jerawat dan Faktor Penyebabnya ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.


Mengenal Jerawat dan Faktor Penyebabnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar